Kukuhkan Bunda PAUD, Bupati Sumbawa Minta Pendidik Optimalkan Kecerdasan Naturalis Anak

KabarNTB, Sumbawa – Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah bersama Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa, Ny. Sovia Novianty Rayes Mahmud mengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa/Kelurahan se-Kabupaten Sumbawa, Selasa (6/9) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa.

Dalam sambutannya, Bupati berharap, para Bunda PAUD yang dikukuhkan dapat terus bekerjasama dan bersinergi dalam rangka meningkatkan mutu PAUD di Sumbawa.

Menurut Bupati, anak-anak memiliki dunia dan karakteristik tersendiri yang jauh berbeda dari dunia dan karakteristik orang dewasa. Anak sangat aktif, dinamis, antusias dan hampir selalu ingin tahu terhadap apa yang dilihat dan didengarnya, seolah-olah tak pernah berhenti untuk belajar.

Karena itu, Ia mengingatkan terutama kepada kalangan pendidik, agar terus berupaya meningkatkan kemampuan dalam memberikan rangsangan yang akan berpengaruh pada optimalisasi potensi kecerdasan naturalis anak-anak, baik melalui aktivitas di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa, Ny. Sovia Noviantry Rayes Mahmud Abdullah, berharap para Bunda PAUD dapat saling bekerjasama untuk menghasilkan terobosan baru yang akan memajukan pelayanan dan pendidikan anak usia dini di seluruh penjuru Kabupaten Sumbawa serta mampu berkontribusi nyata dalam membangun SDM Kabupaten Sumbawa yang gemilang dan berkeadaban.

Bunda PAUD juga menekankan beberapa hal, di antaranya pembentukan Pokja atau Kelompok Kerja Bunda PAUD tingkat Kecamatan, yang nantinya juga harus membuat rencana program dan kegiatan Bunda PAUD setiap tahunnya untuk mendukung layanan PAUD berkualitas.

Selain itu, Bunda PAUD Kecamatan juga diminta untuk melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap layanan PAUD di tingkat Kecamatan, demi memastikan layanan bagi anak usia dini terlaksana dengan baik, termasuk melaksanakan pertemuan rutin dengan Bunda PAUD di tingkat Desa/Kelurahan, sehingga tercipta langkah yang beriringan dan saling mendukung dari Bunda PAUD antar jenjang.(JK)

Komentar