Banggar Dewan Sampaikan Sejumlah Catatan di APBD Perubahan

Sumbawa Besar, KabarNTB

Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Sumbawa memberi catatan kepada Pemda Sumbawa. Catatan tersebut disampaikan pada sidang Paripurna pengesahan APBD Perubahan 2023 yang berlangsung Jumat (21/09).

Adapun catatan banggar yang dibacakan oleh Sukiman SAgI itu terkait dengan PAD yang masih bisa ditingkatkan dengan cara memaksimalkan strategi dan kebijakan pendapatan daerah, seperti pendataan ulang wajib pajak, menjalin kerjasama dengan pihak swasta, BUMN/BUMD dalam pengelolaan maupun pemungutan pajak dan retribusi daerah.

Selain itu juga melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin, meningkatkan komitmen seluruh stakeholder, menyelenggarakan sistem
digitalisasi penerimaan daerah dan pembentukan Tim PAD Lintas Sektor.

Selain itu, Banggar juga menyarankan Pemerintah Daerah agar terus mengoptimalkan sumber Pendapatan Asli Daerah dari Penyertaan Modal Daerah kepada Badan
Usaha Milik Daerah.

Terkait dengan percepatan pembangunan sarana dan prasarana umum,
diharapkan kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan terobosan dalam percepatan pembangunan infrastruktur, seperti jalan, bendungan dan rumah sakit umum daerah.

Badan Anggaran DPRD juga mendorong Pemda untuk melakukan pendekatan secara intens ke Pemerintah Pusat, agar pembangunan infrastruktur dimaksud dapat diusulkan penganggarannya melalui DAK Fisik Tahun Anggaran 2024.

Demikian pula terhadap infrastruktur lainnya seperti dermaga, puskesmas,
sarana prasarana Pendidikan, jembatan, talud pengaman serta jalan didesa-desa yang berada dalam kawasan daerah terpencil, terisolir dan medannya sulit.

Banggar DPRD memberikan attensi terhadap perubahan iklim yang ekstrim di Kabupaten Sumbawa sebagaimana disampaikan oleh BMKG terkait fenomena elnino, yang akan mengalami kemarau panjang dan cuaca
panas yang berdampak pada minimnya ketersedian air bersih maupun irigasi. Kondisi ini perlu
mendapat perhatian serius dari Pemerintah Daerah untuk melakukan
upaya preventif dan antisipatif agar dapat memberikan solusi secara cepat dan tepat. (JK)

 

 

 

 

Komentar