Ribuan Massa di Sumbawa Gelar Aksi Solidaritas untuk Palestina

Sumbawa Besar, KabarNTB

Ribuan massa dari berbagai elemen di Kabupaten Sumbawa menggelar aksi solidaritas untuk Palestina. Aksi long march dimulai dari Masjid Agung Nurul Huda menuju Kantor Bupati Sumbawa.

Selama perjalanan, mereka juga melaksanakan penggalangan dana sepanjang jalur yang dilalui oleh massa.

Dea Guru Syukri Rahmat, Ketua MUI Sumbawa, turut serta dalam aksi ini dan ambil bagian memberikan orasi yang menuntut penghentian serangan Israel terhadap Palestina.

“Aksi itu adalah aksi nyata penjajahan diatas dunia. Kami mengutuk aksi dan meminta segera dihentikan,” kata Dea Guru Syukri dalam orasinya.

Koordinator aksi, Refi S, menjelaskan ribuan massa aksi solidaritas untuk Palestina datang dari berbagai elemen, termasuk MUI, NU, Muhammadiyah, organisasi kemasyarakatan, dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari semua universitas di Sumbawa. “Tujuan aksi ini untuk mendesak penghentian kekerasan di Palestina,” kata Refi.

“Kami ingin menjalankan prinsip kemerdekaan bagi semua bangsa sesuai dengan konstitusi. Penjajahan harus dihapuskan dari dunia, dan apa yang terjadi di Palestina oleh zionis Israel merupakan bentuk penjajahan. Kami meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk turun tangan,” tegasnya.

Selain itu, pemerintah Indonesia, melalui Presiden Joko Widodo, untuk memainkan peran dalam menjalankan prinsip kemerdekaan yang diatur dalam konstitusi.

“Semoga aksi solidaritas ini menjadi suara yang menggema untuk mendukung perdamaian dan kemerdekaan Palestina di dilevel internasional,” katanya. (IR)

Komentar