Satu Persatu Kades Diabsen Wabup Terkait Pelaporan Realisasi Dana Desa

KabarNTB, Sumbawa Barat – Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin mengumpulkan seluruh kepala desa dan mengabsennya satu per satu terkait laporan realisasi penerimaan Dana Desa (DD) tahap I.

Dalam pertemuan di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), Selasa pagi 8 Agustus 2017, Wabup mempertanyakan setiap kepala desa tentang kendala yang dihadapi dalam pelaporan itu.

Sampai saat ini masih terdapat 15 dari 57 desa di Sumbawa Barat yang belum menyelesaikan laporan realisasi DD tahap I.

Wabup meminta komitmen seluruh kades dari 15 desa tersebut untuk segera menyelesaikan laporannya sebelum deadline yang ditetapkan.

Suasana pertemuan Wabup Fud Syaifuddin dengan para Kepala Desa se-KSB terkait pelaporan realisasi dana desa

Menurutnya, jika ke-15 desa itu tidak menyelesaikan dan DPMPD tidak menginput laporan ke aplikasi pelaporan di Kementerian Desa sampai tanggal 22 Agustus mendatang maka puluhan desa lainnya akan menjadi korban karena DD tahap II tidak akan dicairkan (hangus).

“Deadlinenya sampai tanggal 11 agustus ini dan tanggal 14 harus masuk pelaporan ke aplikasi di DPMPD,” ujar Wabup kepada para kepala desa.

Wabup menekankan, persoalan DD merupakan persoalan bersama, karena jika satu desa bermasalah, maka seluruh desa akan merasakan dampaknya.

“Jadi seluruh desa harus kompak dan saling membantu jika ada masalah yang dihadapi dalam pelaporan,” himbau Wabup.

Terkait desa yang belum melakukan pencairan DD tahap I, wabup mengakui sebelumnya ada tiga desa yang belum melakukan pencairan tahap I. Tiga desa itu adalah Desa Belo Kecamatan Jereweh, Desa Labuhan Lalar Kecamatan Taliwang dan Desa Seminar Salit, Kecamatan Brang Rea.

Dari ketiga desa itu, dua desa sudah selesai prosesnya dan DD tahap I sudah dicairkan.

“Sedangkan untuk Desa Seminar Salit sudah tidak mungkin untuk dilakukan pencairan, maka laporan realisasinya disampaikan nihil saja. Intinya harus ada laporan, jadi proses pencairan tahap II bisa dilaksanakan,” demikian Wabup Fud Syaifuddin.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.