Pangdam Instruksikan Jajaran TNI di Sumbawa Terus Bersinergi Bangun Daerah

KabarNTB, Sumbawa – Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, menginstruksikan jajaran TNI di Makodim 1607 Sumbawa untuk terus bersinergi dengan semua komponen dalam pembangunan daerah.

Hal itu disampaikan Pangdam dalam acara tatap muka dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan segenap elemen masyarakat di Kabupaten Sumbawa pada Selasa 20 maret 2018 di Lantai III Kantor Bupati Sumbawa.

Acara itu juga dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, Danrem 162 Wirabakti, Dandim 1607 Sumbawa, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Asisten Sekda Kab. Sumbawa, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, Camat, Kades se-Kabupaten Sumbawa.

Mayjen TNI Benny Susianto yang baru pertama kali berkunjung ke Sumbawa sejak dilantik sebagai Pangdam IX Udayana,
mengatakan, kedatangannya selain bersilaturrahmi dengan masyarakat Kabupaten Sumbawa, juga sebagai bagian tugas dan tanggung jawab untuk memberikan posisi strategis yang bermanfaat bagi masyarakat Sumbawa.

Pangdam IX Udayana, Mayjend TNI Benny Susianto dalam acara tatap muka bersama Komponen masyarakat Sumbawa

“TNI saat ini hadir memberikan keyakinan dan mengawal serta membantu semua pemerintah daerah dalam proses pembangunan. Semua proses pembangunan harus diorientasikan untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Pangdam juga menitipkan prajurit jajaran Kodim 1607 Sumbawa kepada seluruh masyarakat Sumbawa untuk dapat bersinergi dan bekerjasama bahu membahu dalam mengabdi kepada negara termasuk di Kabupaten Sumbawa.

Sementara terkait kondusifitas, Pangdam sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh pemda Sumbawa bersama semua pihak. Meski demikian menjelang Pilkada, Ia mengingatkan perlunya antensi terhadap konflik yang kemungkinan bisa saja terjadi.

“Terutama konflik antar massa yang perlu kita waspadai,” tegas Pangdam.

Bupati Sumbawa HM Husni Djibril, dalam sambutan penerimaannya menyampaikan kondisi seputar Kabupaten Sumbawa sebagai daerah yang memiliki wilayah terluas, yaitu sebesar 11.556,44 km2 atau 45,52% dari luas Provinsi NTB dengan jumlah penduduk berdasarkan data tahun 2016 mencapai 507.715 jiwa.

Terkait kondusifitas daerah, Kabupaten Sumbawa, menurut Bupati, merupakan salah satu daerah yang cukup kondusif di Provinsi NTB. Meskipun masyarakat Sumbawa terdiri dari beragam etnis, namun sampai saat ini masih tetap kokoh dalam semangat kebersamaan serta saling menghargai.

“Itu semua berkat koordinasi dan antisipasi yang baik dari seluruh masyarakat dan aparat, baik jajaran TNI maupun Polri,” ujar Bupati.

Terkait pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 27 Juni mendatang, yang saat ini sudah memasuki masa kampanye, Bupati mengharapkan kerjasama dan dukungan dari jajaran Kodim 1607 Sumbawa. Khususnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dari berbagai macam tindakan yang dapat merusak dan mengganggu stabilitas dan kondusifitas daerah, khususnya dalam masa Pilkada.

“Kerjasama antara TNI dan masyarakat di Kabupaten Sumbawa sudah terjalin dengan sangat solid dan harmonis. Hal tersebut dapat dilihat ketika bencana banjir melanda Kabupaten Sumbawa pada awal Tahun 2017 lalu, TNI berada di garda terdepan untuk membantu masyarakat yang terkena musibah,” ungkap Bupati.

Tak hanya itu, bersama-sama dengan jajaran Kepolisian, TNI juga secara konsisten ikut terlibat dalam rangka pemberantasan illegal logging, pemberantasan Narkoba dan terorisme serta mewujudkan kamtibmas dan tugas-tugas kemasyarakatan lainnya.

“Bahkan dalam bidang pertanian, begitu banyak kiprah dan sumbangsih TNI dalam membantu masyarakat Kabupaten Sumbawa, diantaranya program cetak sawah baru, kegiatan bulan bhakti gotong royong, serta membantu menyukseskan program swasembada pangan,” terang Bupati.

Ia berharap kedepan, berbagai bentuk kerjasama sinergis antara TNI, pemerintah dan masyarakat tersebut dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.(JK)

Komentar