Kecamatan Moyo Hilir Gelar Imunisasi MR Serentak untuk Siswa PAUD hingga SMP

KabarNTB, Sumbawa — Pemerintah kecamatan Moyo Hilir mencanangkan kampanye Measles Rubella (MR) disemua sekolah yang tersebar di wilayah kecamatan Moyo hilir pada Rabu 1 Agustus 2018. Pencanangan kampanye MR tersebut diawali di SMPN I Moyo Hilir,  dengan melakukan imunisasi kepada seluruh pelajar dari tingkat TK/PAUD hingga SMP dan MTS.

Camat Hilir, M. Lutfi Makki dalam kegiatan tersebut mengatakan, upaya pencegahan dini melalui gerakan imunisasi campak rubella kepada para siswa bertujuan agar tidak ada anak anak sebagai generasi penerus yang terkena penyakit mematikan terserbut.

“Menginggat Penyakit campak Rubella bisa berdampak pada kelainan jantung, kerusakan pendengaran, bahkan dapat mengakibatkan kebutaan. Dan ini tentu sangat berpengaruh terhadap kualitas generasi bangsa kita,” tegas Camat.

Camat Lutfi meminta kepada para kepala desa, kepala sekolah, pemuka agama, pemuka masyarakat, dan semua pihak agar ikut mendukung suksesnya kampanye Imunisasi Rubella tersebut.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Moyo Hilir, Abdul Hamid, menyampaikan, untuk menyukseskan kampanye imunisasi MR ini, pihaknya bekerjasama dengan semua unsur Muspika telah menyiapkan 97 pos pelayanan imunisasi, yang tersebar di semua sekolah dari PAUD/TK sampai SMP dan MTs.

Ia menjelaskan, kampanye imunisasi MR ini bersifat nasional dan vaksin yang digunakan telah mendapat rekomendasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).  Penyakit Rubella merupakan penyakit yang menular melalui saluran pernafasan. Penyakit ini tidak memiliki obat, hanya dapat dicegah melalui vaksin Measles Rubella (MR).

“Program kampanye imunisasi MR ini rencananya akan dilaksanakan selama dua bulan ke depan, yakni Agustus-September 2018 dengan Sasarannya adalah anak dan remaja yang berusia 9 bulan sampai 15 tahun,” jelasnya.

Abdul Hamid menjelaskan, salah satu bahaya Rubella apabila mengenai ibu hamil pada umur kehamilan awal, dapat menyebabkan keguguran, perlambatan perkembangan janin atau bayi, kebutaan, hingga penyakit jantung bawaan.

“Karena itu kami akan terus melakukan sosialisasi sekaligus pelayanan imunisasi MR, sehingga dalam masa dua bulan kampanye MR ini bisa mencapai terget seratus persen,” tandasnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.