4,7 Miliyar untuk Guru, 11 Miliyar untuk Sekolah Terdampak Gempa dari Kemendikbud

KabarNTB, Sumbawa Barat – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Prof Muhadjir Effendy, menyerahkan tunjangan khusus gempa bagi guru di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan Kabupaten Sumbawa.

Tunjangan khusus dari Mendikbud ini diterima secara simbolis oleh Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin, di Central Kediaman Bupati, Jum’at siang 12 oktober 2018.

Selanjutnya Bupati menyerahkan rekening bank berisi tunjangan khusus itu secara simbolis kepada empat perwakilan guru di KSB. Selain tunjangan khusus bagi para guru dan tenaga kependidikan dengan total Rp. 4,7 miliar, Mendikbud juga menyerahkan sarana pembelajaran darurat untuk 45 sekolah di KSB senilai Rp. 121 juta. Bantuan untuk PAUD berupa 21 white board, APG dan goody bag.

Mendikbud Muhadjir Efendi didampingi Bupati HW Musyafirin meninjau sekolah terdampak gempa di KSB

Mendikbud mengatakan, tunjangan khusus untuk guru diberikan untuk guru tingkat TK, SD, SMP hingga SMA/SMK. Nilainya tidak terlalu besar.

“Namun tunjangan ini merupakan penghargaan pemerintah bagi para guru dan tenaga kependidikan. Dengan demikian, traumanya bisa hilang dan lebih semangat memberikan pendidikan yang baik bagi anak-anak,” ucapnya.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, sebenarnya Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dikdas di KSB sebelum gempa sudah hampir mencapai angka 100 persen. Pendidikan untuk masyarakat yang ada di kota dan di daerah terpencil sama rata karena baiknya kualitas pendidikan.

Termasuk juga pengaruh adanya guru daerah tertinggal, terdepan dan terluar atau 3 T. Bahkan banyak yang mau menjadi guru 3 T, karena perhatian untuk penghasilan mereka juga besar dengan beban tugas yang sama dibanding guru di tempat biasa.

Pemerintah Daerah berterimakasih kepada Kemendikbud yang memberikan dana Rp. 11 miliar untuk perbaikan sekolah dengan rusak sedang dan ringan akibat gempa. Pemda pun telah menganggarkan di APBD senilai Rp. 6 miliar.

“Karenanya, para guru mari terus bergotong royong. Dana yang diberikan Kemendikbud kita dioptimalkan untuk sarana prasarana guna menghasilkan output pendidikan yang maksimal di KSB, ” imbuh Bupati.

Dalam kunjungan kerja Mendikbud yang didampingi pejabat utama Kemendikbud, melaksanakan peninjauan sarana prasarana pendidikan yang mengalami kerusakan. Sekolah yang ditinjau Mendikbud dan rombongan adalah sekolah yang ada di Kecamatan Seteluk.(EZ/*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.