Lomba Lari 320 KM dari Poto Tano Menuju Dompu Kembali Digelar Tahun Ini

KabarNTB, Jakarta – Lomba lari ultra marathon yang menempuh jarak terjauh se- Asia Pasifik, Tambora Chalenge 320 KM akan kembali di gelar tahun 2019 ini.

Tambora chalenge yang diinisiasi media cetak terbesar di Indonesia, Kompas, dilaksanakan sejak tahun 2016 lalu, bertepatan dengan peringatan satu abad letusan besar gunung Tambora di kabupaten Dompu yang menyebabkan benua Eropa dan sebagian dunia ditutup kabut debu pada tahun 1819.

Pada pelaskanaan perdana Tambora Chalenge, hanya belasan orang peserta yang ikut. Mereka berlari selama selama sekitar 76 jam atau sekitar empat hari dari kecamatan Poto Tano Sumbawa Barat menuju Doro Ncanga, Padang rumput di lereng Gunung Tambora di Dompu. Tahun 2017 lalu jumlah peserta yang ikut hanya 27 orang.

Para pelari, peserta Tambora Chalenge tahun 2017 saat bersiap di garis start di Kecamatan Poto Tano, Sumbawa Barat

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah (Doktor Zul) diundang secara khusus dalam acara lounching Tambora Chalenge 2019 di Jakarta pada Ahad 24 Februari 2019.

Sebelum menghadapi tantanganan sesungguhnya di Bulan April nanti, para pelari yang akan menjadi peserta Tambora Chalenge mengikuti pre launching dengan berlari keliling sekitaran Senayan, Jakarta Pusat.

Puluhan peserta berlari sekitar lima kilometer sesuai dengan rute yang telah ditentukan. Bertolak dari gedung TVRI, para peserta berlari menuju Jalan Gerbang Pemuda ke Jalan Asia Afrika.

Doktor Zul menyampaikan kesiapan NTB menjadi tuan rumah.

“Kami juga akan mengajak seluruh komponen masyarakat tidak hanya pasif menonton, namun masyarakat kami akan menyediakan hadiah khusus untuk para pelari,” ujarnya.

“Dalam berlari tidak hanya sekedar berlari, namun ada pembelajaran di dalamnya untuk menaklukkan tantangan, menaklukkan diri sendiri, Mudah-mudahan dengan adanya event ini masyarakat kami akan belajar banyak dari para Pelari,” tutup Doktor Zul.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.