Komisi II Minta Operasional Pabrik Pupuk Organik, Sentra UKM dan Pasar Tambak Sari Dimaksimalkan

KabarNTB, Sumbawa Barat – Komisi II DPRD Sumbawa Barat, bersama Disperindagkop dan BPAD melakukan kunjungan lapangan ke Pabrik Pupuk Organik, Sentra UKM dan Pasar Rakyat di Desa Tambak Sari, Kecamatan Poto Tano, Selasa 8 Oktober 2019.

Komisi II, dalam kunjungan itu meminta Pemda melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) untuk segera menentukan pihak ketiga sebagai pengelola pabrik pupuk organik Poto Tano.

Pabrik dimaksud, telah dibangun sejak tahun 2012 dengan sumber anggaran delari kementerian Perindustrian dan hingga sekarang belum dioperasikan.

Rombongan Komisi II DPRD KSB bersama dinas terkait dalam kunjungan ke Pabrik Pupuk Organik di Poto Tano

“Prinsipnya kita ingin agar keberadaan pabrik ini segera memberi azas manfaat bagi masyarakat. Demikian pula sentra UKM yang sekarang sedang direhab pasca gempa,” ujar Ketua Komisi II, Aheruddin Sidik yang memimpin rombongan.

Usai dari pabrik pupuk organik dan sentra UKM, rombongan juga meninjau pasar rakyat Tambak Sari. Pasar kecamatan ini sudah mulai beroperasi, hanya saja masih ada beberapa fasilitas pendukung yang perlu dilengkapi.

Dalam dialog dengan para anggota Komisi II dan Dinas terkait, petugas pengelola pasar dan para pedagang meminta dinas segera menfasilitasi kebutuhan pedagang untuk memaksimalkan operasionsal pasar dimaksud.

“Komisi II juga memintas Dinas Pendapatan dan Aset Daerah (BPAD) untuk segera membuat rancangan Perbub atau sejenisnya, agar kedepan aset – aset dimaksud bisa beroperasi optimal sebagai salah satu objek pendapatan asli daerah (PAD),” imbuh Aher.

Kepada Komisi II, pihak Diskoperindag menargetkan paling telat akhir tahun ini proses penunjukkan dan peresmian pengoperasian pabrik pupiluk organik akan di tuntaskan. Sementara sentra UKM KSB saat ini sedang proses renovasi pasca gempa.

“Dan saat ini pun sudah ada beberapa calon pengelola yang siap. Target Peresmiannya di Harlah KSB November mendatang,” ungkap pejabat Disperindag yang hadir.

Sedangkan untuk pasar rakyat Tambak Sari, BPAD memastikan bahwa tahun 2020 mendatang akan diprioritaskan pemenuhan fasiltas pendukungnya agar bisa beroperasi maksimal.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.