Temu Bisnis dengan UMKM, Bupati Sumbawa Minta Indomaret – Alfamart Tampung Produk Lokal

KabarNTB, Sumbawa – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain memberi kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, UMKM juga dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar.

Bupati Sumbawa H Mahmud Abdullah mengecek salah satu produk UMKM lokal yang dininta agar bisa dijual di gerai Indomaret maupun Alfamart

“Pengembangan sektor UMKM tidak dapat dilakukan secara parsial, namun memerlukan pendekatan yang komprehensif dan simultan dari seluruh unsur,” ujar Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, ketika membuka secara resmi kegiatan “Temu Bisnis”, sebagai tindak lanjut rencana kerjasama toko swalayan (Indomaret dan Alfamart), dalam mendukung perkembangan UKM dan IKM di Kabupaten Sumbawa, Kamis 24 Juni 2021.

Dikesempatan itu, Bupati sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan Temu Bisnis ini, sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing UMKM, sehingga dapat bermitra dengan Indomaret maupun Alfamart, yang sudah sangat maju dalam manajemen usahanya.

“UMKM kita sebenarnya memiliki begitu banyak produk yang potensial, sebut saja seperti kopi, madu, permen susu, manjareal, masin, kerupuk atom, dan lain-lain, yang tentu saja harus terus kita bina agar semakin berkembang, baik dari aspek produksi maupun pemasarannya” sebut Haji Mo’.

Ia berharap kepada manajemen Indomaret maupun Alfamart, agar gerai-gerainya yang tersebar di hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Sumbawa, dapat menampung produk-produk lokal UMKM, hingga roda perekonomian masyarakat dapat berputar dengan baik.

“Adapun terkait standarisasi produk UMKM, saya minta agar pihak Indomaret maupun Alfamart dapat melakukan pembinaan, begitu juga OPD-OPD terkait lainnya, agar terus mendorong semangat inovasi dan kreativitas UMKM kita, sehingga memiliki nilai jual dan daya saing yang tinggi,” pinta Bupati.

Kegiatan temu bisnis yang akan berlangsung dua hari di aula H. Madilaoe Adt Lantai III kantor Bupati Sumbawa, juga dirangkaikan dengan Pelatihan Kewirausahaan Mandiri UMKM, yang mengangkat tema Strategi UMKM bertahan ditengah Pandemi Covid-19.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum selaku Plt. Kadis Koperindag, Deputi Branch Manajer Wilayah NTB PT. Indomarco Prismatama, Pimpinan OPD terkait, dan para pelaku UKM & IKM se-Kabupaten Sumbawa, turut hadir dalam kegiatan tersebut.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.