DPRD-BNNK Deklarasikan Sumbawa sebagai Kota Tanggap Ancaman Narkoba

KabarNTB, Sumbawa – DPRD Kabupaten Sumbawa mendukung kebijakan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) setempat melalui deklarasi pakta integritas pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) Prekursor Narkotika ( War on Drugs) dalam rangka mewujudkan Kota Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN) menuju Sumbawa Bersih Narkoba.

“Program ini merupakan bagian alternatif upaya pendekatan dalam rangka pencegahan, pemberantasan penyalagunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) khususnya di Kabupaten Sumbawa,” ungkap Ketua DPRD Abdul Rafiq di sela-sela kegiatan deklarasi di Gedung DPRD setempat. Senin Siang 15 Nopember 2021.

Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq bersama Kepala BNNK dalam kegiatan test urine dan deklarasi Kota Tanggap Bahaya Narkoba

“Narkoba ini sudah menjadi masalah sejak lama, sehingga perlu perhatian serius. Karena itu, agar program ini bisa berjalan maksimal kita juga melakukan tes urine kepada Anggota DPRD dan ASN yang ada di sekretariat DPRD pada hari ini,” imbuhnya.

Dukungan serupa juga ditegaskan Ketua Komisi IV DPRD Sumbawa, Ismail Mustaram. “Narkoba dapat merusak masa depan anak bangsa. Kami berharap bagi ASN dan pendidik di sekolah dapat mensosialisasikan bahaya Narkoba,” ucapnya.

“Kami Harapkan peran Aktif orang tua di rumah, karena Rumah adalah madrasah pertama, terutama bagi Ibu-ibu yang biasanya dekat dengan anak, untuk memberikan edukasi akan bahaya Narkoba dengan segala macam dan bentuknya,” ujar anggota Komisi IV, Ida Rahayu menambahkan.

Sementara itu Ketua BNNK Sumbawa Fery Priyanto, menyampaikan, strategi yang diterapkan untuk mendukung KOTAN antara lain silaturrahmi dengan seluruh stakeholder pemerintahan di Kabupaten Sumbawa, juga melalui penguatan kelembagaan, baik di internal maupun eksternal bersama pemangku kepentingan.

Selain itu, pengembangan kapasitas lembaga melalui advokasi KOTAN, pelibatan seluruh pemangku kepentingan dan komponen masyarakat untuk mendukung KOTAN, antara lain instansi pemerintah, lingkungan swasta, lingkungan masyarakat, dan lingkungan pendidikan.

“Melalui deklarasi dan langsung action tes urine di kantor DPRD yang dilakukan hari ini, memantapkan langkah kita merapatkan barisan memerangi Narkoba, mewujudkan Kota Tanggap Ancaman Bahaya Narkoba,” pungkasnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.