Sapugara Bree dan Labuhan Lalar akan Berkompetisi dengan 10 Ribu Desa se-Indonesia di Festival DBIP Nasional

KabarNTB, Sumbawa Barat – Desa Sapugara Bree Kecamatan Brang Rea dan Desa Labuan Lalar Kecamatan Taliwang telah ditetapkan menjadi duta Kabupaten Sumbawa Barat pada Festival Desa Benderang Informasi Publik (DBIP) tingkat nasional yang akan diadakan di Mataram, November tahun 2017 mendatang.

Kompetisi tersebut akan dikuti 10.000 ribu desa  dari seluruh wilayah Indonesia.

Wakil Ketua Komisi Informasi ( KI) Provinsi NTB, Najamuddin Amy, di kantor Desa Sapugara Bree, Rabu 23 Agustus 2017, mengatakan untuk Provinsi NTB sendiri, setidaknya ada 16 desa yang akan mewakili kompetisi tersebut, diambil masing-masing dua desa pada setiap  kabupaten.

Komisi Informasi NTB sendiri, sengaja menggelar Bimtek terhadap Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)  desa kepada desa-desa yang akan berkompetisi di festival itu, sesuai permintaan pemerintah desa di Provinsi NTB agar ada pendampingan secara intensif.

Suasana Bintek DBIP di Desa Sapugara Bree

“Urgennya untuk meningkatkan kapasitas PPID desa agar mampu berkompetisi dengan desa lain dalam festival dimaksud,” ujarnya.

Menurutnya, pencanangan DBIP, bagian semangat baru, lantaran, pelaksanaanya dilakukan sampai ke level paling bawah yakni, kepala desa.

Dengan adanya keterbukaan informasi ini diharapkan kepala desa dapat bertanggung jawab akan anggaran secara transparan sehingga warga mengetahui.

“Jadi, semua orang harus tahu tentang penggunaan dana desa Itu. Kami berpandangan, keterbukaan informasi jadi poin penting dalam membangun tata kelola desa yang baik oleh pemerintah desa,” sebutnya.

Sementara itu, Kades Sapugara Bree, Andi Subandi, menyatakan desa yang dipimpinnya sudah sangat siap untuk ikut berkompetisi.

“Berbagai persiapan, baik secara administrasi maupun perangkat sudah kami laksanakan. Kami juga mengapresiasi kehadiran KI NTB yang tetap melaksanakan pendampingan, termasuk lewat Bintek hari ini,” katanya.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.