KPU Sumbawa : Peran Media Sangat Strategis untuk Pemilu Demokratis

KabarNTB, Sumbawa – Tidak hanya bagi masyarakat umum, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa, juga melaksanakan sosialisasi Pemilu 2019 kepada kalangan pers baik cetak maupun elektronik.

Sosialisasi yang dihadiri para wartawan dari berbagai media itu berlangsung Rabu 19 Desember 2018, mengangkat tema “Peran Media Dalam Mewujudkan Pemilu yang Demokratis”.

Ketua PWI Sumbawa, Jamhur Husain mencoba kekuatan Kotak Suara Pemilu 2019 yang terbuat dari karton dalam acara sosialisasi pemilu untuk kelangan media yang dilaksanakan KPU Sumbawa

Komisioner KPU Sumbawa, Sudirman, memaparkan tahapan-tahapan pemilu yang di sosialisasikan oleh KPU Kabupaten Sumbawa selama ini tidaklah akan berjalan lancar jika tidak ada keterlibatan media sebagai penyambung informasi ke masyarakat.

“Sosialisasi yang gencar semata -mata dimaksudkan agar masyarakat yang memiliki hak suara dapat mengetahui dan terlibat aktif dalam peningkatan partisipasi serta memahami secara tekhnis pelaksanaan pemilu serentak 2019,” ujarnya.

Menurut Dia, pemilu serentak 2019 atau juga disebut pemilu 5 kotak suara berbeda dengan pelaksanaan pemilu sebelumnya, sehingga sangat diharapkan semua kalangan untuk dapat menyukseskan pesta demokrasi tersebut.

Acara juga diisi dengan tanya jawab seputar kegiatan Pemilu, termasuk mengenai peran media dalam Pemilu.

Sudirman meminta seluruh media agar lebih mengedepankan sikap independen sehingga mampu menciptakan suasana kondusif dengan pemberitaan yang berimbang terhadap semua peserta pemilu 2019 mendatang.

Divisi Tehnis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sumbawa, Aryati, mengatakan media nemiliki posisi yang sangat strategis karena merupakan pilar ke-4 demokrasi. Karena itu, pihaknya merasa sangat penting melibatkan media dalam menyampaikan tahapan – tahapan pemilu agar diketahui oleh publik.

“KPU Sumbawa sudah siap melaksanakan Pemilu. Sejauh ini sudah ada sebagian logistik pemilu yang didroping dari pusat. Daftar pemilih tetap juga sudah diterima oleh semua kalangan,” tegasnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.