15 April : Tidak Ada Kasus Baru Positif Corona di NTB, Pasien dari Lunyuk Sumbawa Sembuh

KabarNTB, Mataram – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi NTB menginfirmasi perihal tidak adanya kasus positif Covid-19 pada hari ini, Rabu 15 April 2020.

“Pada hari ini, Rabu 15 April 2020 tidak ada kasus baru, dan tidak ada kematian karena Covid-19,” ujar Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Provinsi NTB, HL Gita Ariadi, dalam pernyataan resmi Rabu malam.

Yang mengembirakan, pasien sembuh dari Covid-19 bertambah 2 (dua) orang pada hari ini yaitu:

• Pasien nomor 05, an. Ny. M, perempuan, usia 50 tahun, penduduk Kecamatan Lunyuk Kabupaten Sumbawa, setelah hasil swab diperiksa dua kali keduanya negatif. Pasien masih dirawat di RSUD HL Manambai Abdulkadir Sumbawa untuk perbaikan kondisi dan direncanakan segera keluar rumah sakit;

Data penanganan Covid-19 per kabupaten/kota di NTB, hari Rabu 15 April 2020 (Sumber: gugus tugas penanganan Vovid-19 provinsi NTB)

• Pasien nomor 09, an. Ny. NM, perempuan, usia 28 tahun, penduduk Desa Toya, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur, setelah diperiksa dua kali keduanya negatif. Pasien masih dirawat di RSUD R. Soedjono Selong untuk perbaikan kondisi dan direncanakan segera keluar rumah sakit.

“Dengan bertambahnya pasien yang sembuh maka jumlah pasien konfirmasi positif Covid-19 di Provinsi NTB sampai hari ini (15/4/2020) tetap sebanyak 41 orang, dengan perincian 7 (tujuh) orang sudah sembuh, 2 (dua) orang meninggal dunia, dan 32 orang masih positif dan dalam keadaan baik,” jelas Gita Ariadi.

Ia menyatakan, semua pasien yang dinyatakan sembuh berdasarkan hasil laboratorium swab negative dua kali telah bebas dari Covid-19. “Oleh karena itu, diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir tertular Covid-19 pada pasien yang telah sembuh serta mendukung pasien untuk melanjutkan perbaikan kondisi di rumah masing-masing sampai 14 hari setelah keluar rumah sakit,” himbaunya.

Hingga pernyataan resmi gugus tugas dilansir, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 183 orang dengan perincian 94 orang PDP masih dalam pengawasan, 89 orang PDP selesai pengawasan/sembuh, dan 12 orang PDP meninggal.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) jumlahnya 4.000 orang, terdiri dari 1.153 orang masih dalam pemantauan dan 2.847 orang selesai pemantauan. Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) yaitu orang yang kontak dengan pasien positif Covid-19 namun tanpa gejala sebanyak 912 orang, terdiri dari 819 orang masih dalam pemantauan dan 93 orang selesai pemantauan.

Sedangkan Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) yaitu orang yang pernah melakukan perjalanan dari daerah terjangkit Covid-19 sebanyak 34. 211 orang, yang masih menjalani karantina sebanyak 15.899 orang, dan yang selesai menjalani masa karantina 14 hari sebanyak 18.312 orang.(NK)

iklan

Komentar