Dikbud Masukkan Penelusuran Sejarah Kesultanan Sumbawa Dalam Kurikulum Merdeka

KabarNTB, Sumbawa – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa membuat program terobosan sebagai penerapan kurikulum merdeka.

Program tersebut berupa penelusuran sejarah Kesultanan Sumbawa. Sasarannya adalah siswa SD dan SMP. Mereka diajak berkunjung ke berbagai cagar budaya. Mulai dari istana Dalam Loka, Bala Datu Ranga, Bala Putih, Museum dan Bala Kuning.

Di setiap lokasi yang dikunjungi sudah disiapkan pemandu. Tujuannya, untuk menjelaskan semua yang berkaitan dengan sejarah kesultanan Sumbawa.

Program heritage walk yang sebelumnya dilounching oleh Bupati Sumbawa itu, mulai berjalan Sabtu (17/9). Pengunjung pertama adalah murid SDN 2 Maronge. Mereka datang bersama guru dan komite sekolah.

“Ini adalah kunjungan pertama dan akan terus berlanjut. Sudah ada beberapa sekolah yang mengkonfirmasi kepada kami akan berkunjung,” kata Kabid Kebudayaan Dikbud Sumbawa, Sutan Syahril, di Istana Dalam Loka, Sabtu (17/9).

Dia berharap dengan program ini, siswa bisa mengenal lebih dalam tentang sejarah kesultanan Sumbawa. Sehingga ke depan bisa menjadi bagian dari yang ikut melakukan pelestarian budaya.

“Kami sudah siapkan form pertanyaan untuk siswa yang berkunjung. Itu sebagai bagian dari upaya kami mengevaluasi apakah siswa paham dan sudah mengenal sejarah kesultanan Sumbawa. Sekaligus juga untuk mengevaluasi apa yang sudah disampaikan pemandu kami,” ucap Sutan Syahril. (IR)

iklan

Komentar