Rekrutmen CPNS KSB Minim Tenaga Guru Bidang Study

Taliwang,KabarNTB – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) telah mengumumkan dan menetapkan sebanyak 114 formasi rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil untuk Kabupaten Sumbawa Barat tahun 2014 melalui situs Menpan.go.id.

Dari formasi tersebut sangat minim rekrutmen tenaga guru bidang study untuk tingkat SLTP dan SLTA, sementara untuk guru SD atau guru kelas dengan kualifikasi pendidikan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), mendominasi dengan jumlah alokasi sebanyak 31, ditambah 3 untuk guru Sekolah Luar Biasa (SLB), 9 alokasi untuk guru SD dengan kualifikasi pendidikan S1 Pendidikan Agama Islam dan 7 alokasi untuk kualifikasi pendidikan Jasmani/Olahraga dan Kesehatan.

Untuk tenaga guru SLTP dan SLTA hanya terdapat 5 alokasi,  yang terdiri dari 4 alokasi dengan kualifikasi  pendidikan S1 pendidikan Bimbingan Penyuluhan/konseling dan 1 alokasi untuk kualifikasi pendidikan S1 pendidikan Design Grafis/ Tekhnik Multimedia.

“ Ya habis bagaimana lagi, kita mesti berlapang dada untuk tahun ini kita tidak bisa ikut dalam rekrutmen CPNS di Sumbawa Barat, sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang saya punya.” ujar Jon Ade Pratama salah seorang calon pelamar yang mengaku berlatar belakang pendidikan S1 pendidikan Bahasa Inggris kepada media ini.

Kesempatan bagi tamatan Sarjana khususnya S1 dari semua jurusan, terbuka di rekrutmen CPNS Sumbawa Barat ini dengan jabatan pengawas penyelenggara urusan pemerintah daerah pertama dengan jumlah 4 alokasi yang akan di tempatkan di Inspektorat dan 2  alokasi dengan jabatan Auditor pertama juga yang akan ditempatkan di Inspektorat. Sarjana S1 dari latar belakang pendidikan yang ada di daerah ini berkesempatan mengajukan lamaran dengan posisi tersebut, namun sebagian diantaranya mengaku ogah mendaftar karena dirasakan jauh dari disiplin ilmu yang telah mereka dapatkan selama ini.

“ Ya kalau mau dibilang professional tidak sesuailah, latar belakang sarjana pendidikan menjadi auditor nantinya sulit kami rasakan untuk penyesuaian, entahlah saya tidak ikut” aku salah seorang calon pelamar CPNS lainnya dari latar belakang S1 pendidikan yang enggan namanya dikorankan kepada media ini.

Minimnya alokasi bagi S1 dengan latar belakang pendidikan sejumlah bidang study ini, ditenggarai akibat dikurangnya jatah formasi Sumbawa Barat yang disetujui Menpan.

Sumbawa Barat sendiri menurut Kepala BK-Diklat, Malik Nurdin, S.Sos kepada media ini sebelumnya telah mengusulkan 750 formasi sementara yang disetujui hanya 114 formasi, dengan demikian jumlah PNS yang ada di daerah ini dirasakan masih sangat minim atau jauh dari kebutuhan sebenarnya.(Kn-01)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.